Sabtu, 07 Mei 2016

Perawatan Motor Matic


Secara keseluruhan, perawatan motor matic tidak jauh berbeda dengan perawatan motor pada umumnya. Hanya saja pada beberapa bagian, memang perlu perlakuan khusus, seperti part V-Belt yang menjadi sistem perputaran roda. 

Perawatan secara benar dan berkala pada motor matic, tidak hanya dapat berdampak terhadap performa motor yang makin ‘yahud’ tapi juga bisa memperpanjang umur dari part motor matic tersebut. 

Berikut ini 5 langkah atau tips yang dapat Brosis lakukan untuk motor matic kesayangan Brosis; 
  • Lakukan servis secara rutin 2 bulan sekali, seperti cek busi, buka filter udara sampai cek ketegangan V belt, sampai tekanan angin ban serta kondisi rem motor. Jangan lupa untuk selalu memanaskan motor sebelum dipakai. Lebih baik menggunakan starter engkol untuk menyalakan mesin ketika hendak dipanaskan.

  • Pergantian oli mesin memiliki peranan penting untuk melumasi komponen-komponen mesin. Ganti oli setiap 2.000 km dan kelipatannya. Pakailah Oli yang sesuai dengan motor Matic. 

  • Bagi mereka yang masih menggunakan teknologi karburator, ada baiknya cek dan bersihkan karburator 3 bulan sekali. Atau setiap kali servis lebih baik dibersihkan. 

  • Tiap 15.000 km klep wajib dibersihkan agar mesin dalam kondisi bagus dan motor tidak ngadat atau mogok. Biasanya kotoran sering mengganjal di bagian ini. Apalagi jika motor sering melewati jalanan yang berdebu. 

  • Servis di bengkel resmi yang sudah memiliki SOP (Standart Operasional Prosedur) dan memiliki mekanik yang mengerti tentang masalah-masalah motor matic dari mulai masalah ringan sampai masalah berat. 
Sumber: http://www.welovehonda.com/5-langkah-perawatan-motor-matic/ dengan beberapa perubahan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar